Kamis, 26 November 2015

MACAM MACAM vegetatif alami dan buatan

hai sobat
sebenarnya ini sih tugas saya,,, yah tapi saya tulis di sini ,,, biar semuanya gampang kalau ada tugas kayak saya
nih


Perkembangbiakan Vegetatif pada tumbuhan merupakan perkembangbiakan dengan cara tidak kawin. Terdapat dua macam perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan yaitu: Perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan. Saat ini kita akan membahas tentang Macam-Macam Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan Beserta Contohnya. Apa sih yang dimaksud dengan perkembangbiakan vegetatif alami.


Perkembangbiakan Vegetatif alami adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan sendiri tanpa bantuan manusia. Macam-Macam Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan yaitu Umbi batang, Umbi lapis, Umbi akar, Akar tinggal, Geragih, Tunas, Tunas adventif. Kita akan bahas masing masing beserta contohnya yuk simak dibawah ini.
Umbi batang

Gambar Kentang (Umbi Batang)
Gambar Kentang (Umbi Batang)
Gambar di Atas merupakan gambar kentang. Kentang termasuk tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang. Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas.

Coba kalihan lihat, Pada pada gambar di atas kentang terkihat bakal-bakal tunas yang nanti akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. 

Umbi lapis
Gambar Bawang (Umbi Lapis)
Gambar Bawang (Umbi Lapis)
Umbi lapis merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis. Pada bagian atas umbi lapis tumbuh daun, sedangkan pada bagian bawah umbi lapis terdiri dari cakram dan akar serabut. Perkembagbiakan umbi lapis dimulai dengan tumbuhnya siung pada tunas ketiak yang paling luar. Pada awal pertumbuhannya, siung mengambil makanan dari induknya. Jika siung itu telah berdaun dan berakar, siung itu dapat membuat makanannya sediri dengan melakukan fotosintesis. 

Contoh tumbuhan yang memiliki umbi lapis, antara lain bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip. 


Umbi akar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzDRingCF94tHZCEnkxhZGUSs0w5LLlsBVMoZ8Q7nDDYWWF5K1SFzMzm1j2-na1K4rr6OUCpIWf_eH55ljmlvQRtfnNKyy2ViAMWAVaq-lDL9hdtxpPm0-krkiJohNMTX1S5Kx6kHzY_8/s200/wortel.png
Gambar Wortel (Umbi Akar)
Umbi akar adalah akar yang membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru. Pada singkong umbi akarnya tidak dapat untuk berkembang biak, karena tidak ada pangkal batangnya. Sedangkan umbi akar pada dahlia dan wortel dapat untuk berkembang biak karena ada tunas pada pangkal batangnya.

Contoh tumbuhan yang memiliki umbi akar, antara lain dahlia, wortel, lobak, dan singkong. 

Akar tinggal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCxnyfGJkkCmFXt95HpJr-N25SvyaK1gsJyuDGfSsUtGlE6fWLP9CDpgeYP8XBASvEmc3wM_eOvlyFsg_8K5fyPWA0z-WIPOnSu-RJ8fhvs35O1L5-FZU0h7eF5uTy202S1CjHjHF9fnE/s200/Jahe.png
Gambar jahi (Akar tinggal)
Akar tinggal adalah batang yang seluruhnya berada dan tumbuh menjalar di permukaan tanah. Tunas tumbuhan baru tumbuh dari ketiak sisik setiap buku akar tinggal. 

Contoh tumbuhan yang memiliki akar tinggal, antara lain kunyit, jahe, lengkuas, dan kencur.






Geragih (Stolon)
Gambar Stroberi (Geragih/Stolon)
Gambar Stroberi (Geragih/Stolon)
Geragih atau stolon adalah batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Tumbuhan baru dimulai dengan kuncup ujung yang menyentuh tanah, kemudian membelok ke atas. Pada bagian yang menyentuh tanah akan tumbuh tunas yang berakar dan berdaun. Tunas-tunas itu tumbuh menjalar dan tidak tergantung lagi pada induknya, tetapi masih tetap berhubungan. 

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara geragih adalah antanan, arbei, rumput teki, dan strowberi.



Tunas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbVb_5eZoRyhWGJi1Ahp5k3kILkzyef2PcR4rOLMVNscjtCiWDjWU3zwFMXcGJwQkfeZ-3O8yF7k9ZteYrTLcIqqTr1tJsMG5IO4yg5BhN7Dh8M0ZHs76xlAVy4vmSwmk2a1-krCv5Ml0/s200/pohon+pisang.png
Gambar Pisang (Tunas)
Tunas tumbuh dari batang yang terdapat di dalam tanah. Tunas muda menjadi tumbuhan baru dan tumbuh di sekitar induknya sehingga terbentuklah rumpun. Tunas ini tidak tergantung pada induknya. Walaupun induknya ditebang, tunas ini akan tumbuh terus. 

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas, antara lain pisang, bambu, dan tebu.



Tunas adventif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1SYr7O5R_wKFQk02MvXZelFMK6jlUyp_kkJlHe4akFFoQlHDHWQaKRIpYXOxjODdbISzHEqGiknEuPOGSuw6ZnCch4OIsya96YKy2foj-sphjC-87dFoBDkg4UA3zvClBdU02fzwRmdU/s200/cocor+bebek.png
Gambar Cocor Bebek (Tunas Adventif)
Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh tidak di ujung batang dan ketiak daun. Tunas ini tumbuh di bagian tumbuhan yang biasanya tidak bertunas, seperti pada bagian daun dan akar. 

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adventif adalah cocor bebek, sukun, cemara, dan kersen/talok.



Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan
 - Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang sengaja di lakukan oleh manusia atau
dengan bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif buatan, antara lain mencangkok, menempel (okulasi), menyambung/mengenten, stek, dan merunduk.

1) Mencangkok
Mencangkok

Mencangkok adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan tumbuhan induknya. Tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhan dikotil atau biji berkeping dua, misalnya jeruk, jambu, mangga, rambutan,durian, dan sebagainya.

Okulasi
2) Menempel (okulasi)


Okulasi atau menempel adalah menempelkan mata tunas dari dua tanaman yang sejenis, tetapi berbeda sifat misalnya mangga manalagi dengan mangga arum manis. Pada dasarnya tujuan okulasi atau menempel sama dengan tujuan mengenten atau menyambung, yaitu menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki gabungan sifat unggul.


3) Menyambung/mengenten
Menyambung

Menyambung atau mengenten adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuan menyambung adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul. Perhatikan contoh berikut!


Misalnya, ada dua tanaman mangga. Tanaman mangga pertama berakar kuat tetapi buahnya asam, sedangkan tanaman mangga kedua berakar lemah tetapi buahnya sangat manis. Untuk memperoleh pohon mangga
yang berakar kuat dan berbuah manis, maka batang bawah dari tanaman mangga berakar kuat disambungkan dengan batang atas tanaman mangga yang berbuah manis.
Advertisement


4) Stek
stek

Menyetek adalah memperbanyak tumbuhan dengan menancapkan atau menanam potongan-potongan batang tumbuhan induknya. Tumbuhan yang dapat distek antara lain ketela pohon, tebu, mawar, melati, dan kangkung.


Selain stek batang dikenal pula stek daun dan stek pucuk. Tumbuhan yang dapat diperbanyak dengan stek pucuk antara lain teh dan anak nakal (teh-tehan). Sedangkan tumbuhan yag diperbanyak dengan stek daun antara lain begonia dan sanseviera.

5) Merunduk
Merunduk

Merunduk adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara merundukan batang atau cabang ke tanah sehingga tumbuh akar. Setelah akarnya banyak cabang yang berhubungan dengan tumbuhan induk induk dipotong. Tumbuhan yang biasa dikembangbiakan antara lain alamanda, anyelir, apel, selada air, anggur dan sebagainya.
Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan memberikan beberapa keuntungan dan kerugian.

Berikut beberapa keuntungan dan kerugian vegetatif buatan.
a. Sifat tumbuhan baru sama persis dengan sifat tumbuhan induknya. Jika tumbuhan unggul maka tumbuhan baru pun akan bersifat unggul.
b. Cepat memberikan hasil jika dibandingkan dengan ditanam dengan bijinya.

Sedangkan kerugian vegetatif buatan adalah sebagai berikut.
a. Tumbuhan yang diperbanyak secara vegetatif buatan tidak memiliki akar tunggang sehingga mudah tumbang.
b. perkembangbiakan vegetatif buatan menghasilkan sedikit keturunan atau tumbuhan baru.
c. merusak tumbuhan induk.


1 komentar:

  1. Merkur - Merkur | Germanic, Russian, French, French, Italian, Germanic, German
    Merkur is หาเงินออนไลน์ one of the most deccasino recognizable brands in German, with many of its classic design on the site providing a comfortable and 바카라 comfortable

    BalasHapus